Jumat, 18 April 2014

Konsep Pendidikan Menurut KH Ahmad Dahlan

KONSEP PENDIDIKAN MENURUT KH AHMAD DAHLAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Metode Pengajaran PAI
oleh 
Enjangwikantini

BAB I
PENDAHULUAN

A      LATAR BELAKANG
KH Ahmad Dahlan adalah salah satu pahlawan Nasional dan juga pendiri dari persyarikatan Muhammadiyah.Muhammadiyah sebagai sebuah organisasi sosial dan pendidikan,sudah lebih dari seabad menunjukkan existensinya.Tidak hanya di Yogyakarta tempat kelahirannya ,namun tersebar di seluruh Nusantara.Setidaknya terdapat  172 perguruan tinggi,1143 SMA/SMK/MA,1772 SMP/Mts,2604 SD/MI,serta 4623 TK berada dibawah persyarikatan ini.[1]

Membangun Masa Depan Anak-anak

TUGAS BAHASA INDONESIA
KARYA TULIS
MEMBANGUN MASA DEPAN ANAK-ANAK
Drs.H.Nur Abadi,MA






Oleh :
SUMARYANI (51)

PROGRAM STRATA SATU SEKOLAH
 TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH WATES,
 KULON PROGO YOGYAKARTA
2011

                                           11



BAB I
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang Masalah

Dalam karya tulis ini menyinggung mengenai anak-anak secara luas, dimana sekarang ini anak-anak sering kali menjadi korban akan ketidak pahaman mereka dengan masalah-masalah yang terjadi lingkungannya. Sehingga situasi seperti ini membuat perkembangan anak-anak tidak dapat maksimal, dari sisi perkembangan pola pikir dan tingkah laku mereka. Sebagai contoh kecil adalah anak-anak yang baru duduk dibangku sekolah dasar mulai mengkomsumsi rokok, atau bahkan sudah mengenal tawuran atau perkelahian yang menyebabkan temannya masuk rumah sakit. Hal semacam inilah yang sering terjadi dikota-kota besar dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi didaerah-daerah.

Pernikahan Beda Agama

PERNIKAHAN BEDA AGAMA
Ditsusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Mashail Fikh
Dosen Pengampu        : Afwan Zuhdi S.Ag,M.A





oleh :

Ari Ambarwati                        11-01-1345
Enjang wikantini                     11-01-1355
Murni Caturwati                     11-01-1369
Naini Rohmah SJ                    11-01-1373
Sumaryani                               11-01-1394



SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH WATES
Jl Jambu 1, Wonosidi Lor, Wates, Kulon Progo, D.I.Yogyakarta
2013




BAB I
PENDAHULUAN

A      Latar Belakang
Segala sesuatu diciptakan berpasang-pasangan (QS.Adzariyat 49),begitupun manusia.Karenanya pernikahan adalah sebuah sunnatullah. Pernikahan adalah langkah awal dalam membentuk sebuah keluarga yang nantinya membentuk masyarakat.Dalam islam ,pernikahan dimaksudkan untuk menyalurkan hasrat dan memberikan ketentraman sehingga tercipta rasa kasih sayang antara pasangan. Untuk mewujudkan tujuan pernikahan  tersebut diperlukan kesamaan pandangan hidup antara pasangan
Kehidupan di Indonesia,dimana terdapat berbagai etnis,suku,bangsa,budaya dan agama,pergaulan antar berbagai perbedaan tersebut  tidak dapat dihindarkan.Terlebih saat ini,di tengah arus modernisasi dan globalisasi.Pernikahan tidak lagi tersekat oleh perbedaan.Bukan jamannya lagi pernikahan harus sesama suku,sesama etnis atau  sesama daerah.Mengusung hak asasi manusia dan atas nama cinta,berbagai perbedaan coba di abaikan termasuk didalamnya perbedaan agama

Sejarah Khulafaur Rasyidin

SEJARAH KHULAFAUR RASYIDIN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Sejarah Peradapan Islam
Dosen : Abdul Rohman,S.Ag,M.A

oleh:
Alfia                                        11-01-1311
Enjangwikantini                      11-01-1355
Muslikah                                 11-01-1311
Ruslinda Setyaningsih               11-01-1385
Yuliyanto                                11-01-1460

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH WATES
Jl Jambu No 1, Wonosidi Lor, Wates, Kulonprogo, D.I.Yogyakarta
2014



BAB I PENDAHULUAN

A      LATAR BELAKANG          
Sejarah adalah cerminan bagi kita untuk dapat mengambil hikmah di setiap kejadiannya.Banyak hal yang dapat diketahui melalui sejarah.Muhammad adalah penutup nabi dan Rosul sehingga setelah wafatnya beliau maka tidak ada lagi yang Nabi ataupun Rasul yang diturunkan Allah.Namun,Muhammad tidak hanya seorang Nabi dan Rasul,Beliau adalah juga pemimpin negara.Kekuasaan islam yang telah meluas tentu memerlukan pemimpin untuk meneruskan perjuangan menyebarkan agama islam dan menciptakan kedamaian di bumi Allah.Sepeninggalnya,terjadi perselisihan tentang siapa penganti utnuk melanjutkan kepemimpinannya.

Perubahan Jiwa Dalam Belajar

PERUBAHAN-PERUBAHAN JIWA DALAM BELAJAR
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kebijakan Pendidikan
Dosen : Drs.H.Suyuti,M.Pd
                                                                                 
                                  
oleh:
                  Desi Fransiska              11-01-135254
                  Dwi Marita                   11-01-1354353
                  Enjangwikantini             11-01-1355



SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH WATES
Jl Jambu No 1, Wonosidi Lor, Wates, Kulonprogo, D.I.Yogyakarta
2014


BAB I PENDAHULUAN
A      LATAR BELAKANG
Dalam kehidupan sehari-hari,kita sebenarnya ada banyak sekali kegiatan yang menunjukkan gejala belajar. Kita makan dengan sendok,kita dapat bersikap sopan kita tahu bentuk-bentuk.Semua hal ini adalah mustahil kita lakukan kalau kita tidak pernah belajar sebelumnya.
Kata belajar memang didefinisikan oleh orang berbeda-beda,sebagian orang menganggap belajar adalah ketika kita duduk dalam kelas mendengarkan penjelasan guru,atau disebut belajar jika kita mengerjakan tugas dari guru.Untuk kegiatan yang berbentuk latihanpun ,kita menyebutnya dengan belajar seperti memasak,menjahit dan sebagainya.

Gerakan Pembaharuan di Mesir

GERAKAN PEMBAHARUAN DI MESIR
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Perkembangan Pemikiran Modern Dunia Islam
Dosen : Hanif Cahya AK,S.Ag.M.A



oleh:
Enjangwikantini          11-01-1355


SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH WATES
Jl Jambu No 1, Wonosidi Lor, Wates, Kulonprogo, D.I.Yogyakarta
2014
GERAKAN PEMBAHARUAN DI MESIR
A      LATAR BELAKANG MUNCULNYA PEMBAHARUAN  DI MESIR
Mesir sebelum dikuasai oleh Napoleon berada dibawah kekuasaan kerajaan Turki Usmani.Meskipun begitu,karena semakin melemahnya kekuasaan sultan-sultan di kerajaan Turki Usmani,Mesir melepaskan diri dari kekuasaan yang berpusat di Istambul dan menjadi daerah otonom.Kerajaan Turki Usmani masih mengirim pasya Turki ke Kairo sebagai wakil dalam memerintah daerah ini,namun kekuasaan sebenarnya ada dibawah kendali kaum Mamluk.

Keterampilan Menjelaskan

KETERAMPILAN MENJELASKAN
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Praktek Mengajar 1
Dosen : Sutipyo R,S.Ag,M.Si


oleh:
Cholida Fahma                        11-01-1351
Desi Fransiska                         11-01-1352
Dwi Marita                              11-01-1354
Enjangwikantini                      11-01-1355
Via Rohyani Subekti               11-01-1460

SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH MUHAMMADIYAH WATES
Jl Jambu No 1, Wonosidi Lor, Wates, Kulonprogo, D.I.Yogyakarta
2014


BAB I PENDAHULUAN

A      LATAR BELAKANG
Keterampilan menjelaskan adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh guru.Banyak peristiwa dalam proses belajar mengajar yang menuntut guru untuk menjelaskan.Seperti ketika mengenalkan konsep serta memberi pengertian tentang suatu pokok bahasan.Penjelasan yang tidak ada dalam buku sehingga perlu dijelaskan dengan lisan.Keterampilan menjelaskan adalah satu keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seorang guru.